Mengirim pesan
Berita
Rumah > Berita > Berita Perusahaan Tentang Cara Membersihkan Print Head Secara Manual
Acara
Hubungi Kami
86--18102687478
Hubungi sekarang

Cara Membersihkan Print Head Secara Manual

2023-07-20

Berita perusahaan terbaru tentang Cara Membersihkan Print Head Secara Manual

Kepala cetak memainkan peran penting dalam printer karena bertanggung jawab untuk menyemprotkan tinta untuk membentuk gambar atau teks.Namun, karena struktur dan fungsinya yang kompleks, print head relatif halus.Oleh karena itu, perhatian khusus harus diberikan pada pemeliharaan dan perawatan print head untuk menghindari kerusakan akibat benturan atau penggunaan yang tidak tepat.Pembersihan rutin dan penggunaan printer yang benar adalah langkah penting untuk menjaga kepala cetak tetap sehat dan memperpanjang masa pakainya.

 

Setiap kali kita menyalakan printer, kita perlu mengaktifkan fungsi pembersihan otomatis.Namun, setelah penggunaan yang lama, Anda mungkin menghadapi situasi di mana bahkan setelah beberapa upaya pembersihan, masih ada blok warna besar yang hilang atau tidak ada peningkatan sama sekali saat mencetak halaman percobaan.Ini menunjukkan bahwa print head printer Anda perlu dibersihkan secara manual.

 

Untuk melakukan pembersihan manual, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut:

1 botol cairan pembersih

2-3 jarum suntik

3-4 botol air suling

Sebungkus tisu

 

Persiapan:

 

Tempatkan tisu di kedua sisi print head untuk melindunginya dari kerusakan air selama proses pembersihan. Lepas damper dengan hati-hati dan sisihkan.

 

Langkah 1 - Mulai Membersihkan:

Dengan menggunakan jarum suntik, ambil kira-kira 10ml air suling dan masukkan nosel jarum suntik ke dalam saluran print head.Suntikkan air untuk membersihkan setiap saluran print head.Ulangi proses ini untuk setiap saluran.

 

Langkah 2 - Ekstrak Limbah Tinta:

Siram balik saluran kepala cetak untuk mengeluarkan sisa tinta yang terperangkap.Hati-hati saat memegang pendorong jarum suntik untuk mencegah limbah tinta masuk kembali ke saluran.Ulangi proses ini untuk setiap saluran.

 

Catatan: Pada tahap ini, selang jarum suntik akan diisi dengan limbah tinta.Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, penting untuk membersihkan selang dengan mengekstraksi air suling.Jika Anda merasa tidak praktis, Anda dapat menggunakan jarum suntik baru.Juga, pastikan air suling yang digunakan untuk membilas saluran tidak terkontaminasi tinta;jika tidak, gantilah dengan sebotol air suling yang baru.

 

Langkah 3 - Ulangi Langkah 1 dan 2:

Saluran biasanya membutuhkan beberapa bilasan untuk dibersihkan secara menyeluruh.Oleh karena itu, ulangi Langkah 1 dan 2 hingga air yang mengalir keluar dari saluran menjadi jernih dan bebas dari kotoran.Pastikan setiap saluran bersih dan bebas dari limbah tinta yang tersembunyi sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

 

Langkah 4 - Pembersihan Mendalam:

Dengan menggunakan jarum suntik, ambil sekitar 10ml cairan pembersih dan suntikkan ke dalam saluran untuk pembilasan.Biarkan selama 10 menit, biarkan cairan pembersih mengalami beberapa reaksi kimia dengan sisa tinta limbah.Setelah 10 menit, bilas kembali saluran dengan air suling.Tarik air ke dalam semprit dan suntikkan ke dalam saluran untuk mengeluarkan cairan pembersih, pastikan air yang mengalir keluar jernih dan bebas dari kotoran.Setelah pembilasan menyeluruh, lakukan "ekstraksi tinta terbalik" sekali lagi untuk menghilangkan sisa kotoran yang mungkin tidak terbilas oleh air.

 

Langkah 5 - Perakitan Ulang:

Tempatkan Dampers kembali ke posisi semula, mulai dari saluran terdekat dan bergerak ke luar.Aktifkan fungsi pembersihan otomatis printer beberapa kali untuk menyelesaikan seluruh proses pembersihan.

Jika, setelah beberapa siklus pembersihan otomatis, blok warna uji masih belum lengkap, maka Anda harus mempertimbangkan kemungkinan adanya udara di dalam kepala cetak yang menyebabkan masalah.Dalam situasi ini, cukup tambahkan cairan pembersih ke tutupnya, rendam selama 5 menit lalu mulai ulang pembersihan otomatis. Masalah akan teratasi.

 

 

Terakhir, jika Anda berencana untuk berhenti menggunakan printer untuk waktu yang lama karena perlu absen dalam waktu lama, penting juga untuk melakukan pembersihan manual sebelum berhenti dan menambahkan sedikit cairan pelembap setelah pembersihan.Langkah ini dapat melindungi kepala cetak Anda selama periode tidak digunakan.

 

Cairan pelembab berfungsi untuk mencegah print head mengering dan tersumbat.Bila printer tidak digunakan dalam waktu lama, tinta dapat mengering di kepala cetak, menyebabkan masalah penyumbatan.Dengan menambahkan cairan pelembap, Anda dapat menjaga kelembapan tinta, mengurangi risiko penyumbatan, dan memastikan kepala cetak tetap dalam kondisi kerja yang baik selama tidak aktif.

 

Saat Anda mulai menggunakan printer kembali, ingatlah untuk melakukan uji cetak terlebih dahulu untuk memastikan kepala cetak telah dibersihkan dan dilembabkan secara menyeluruh, dan kualitas keluaran gambar atau teks memuaskan.Langkah tambahan yang sederhana ini akan membantu menjaga printer Anda dan memastikan pengoperasiannya yang stabil dalam jangka panjang.

Kirimkan pertanyaan Anda langsung kepada kami

Kebijakan Privasi Cina Kualitas Baik Mesin Pengocok Serbuk DTF Pemasok. Hak Cipta © 2022-2024 dtffilmprinter.com . Seluruh hak cipta.